Informasi Film Jilbab Traveler

Informasi Film Jilbab Traveler :

Judul Film : jilbab Traveler: Love Sparks in Korea

Sutradara : Guntur Soehardjanto

Sekenario : Alim Sudio

Produser : Gope Samtani

Penulis Novel : Asma Nadia

Genre : Drama, Petualangan, Romansa

poster-film-jilbab-traveler-love-sparks-in-korea

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alur film ini cenderung lambat. Bagi anda yang menggemari film-film Box Office yang selalu dibuka dengan memancing rasa penasaran –entah dengan klimaks awal dari cerita maupun dengan narasi yang menarik rasa penasaran, anda harus sedikit bersabar untuk mengikuti ceritanya, meski memang film ini dibuka dengan perjalanan luar biasa Rania dalam mengunjungi berbagai tempat yang luar biasa di berbagai negara secara singkat. Setelahnya, cerita di film ini dibangun dari bawah hingga menampilkan klimaks yang membuat anda berharap bahwa film ini akan berakhir bahagia.

Semenak kematian ayahnya, Rania menetap di Baluran. Ia yang selalu bepergian, memperlihatkan keindahan alam di luar negeri harus terhenti karena tak ingin kembali merasakan penyesalan karena tidak mampu menemani hari terakhir ayahnya. Lalu, apa film ini hanya menarik di awal saja, dimana kita bisa melihat berbagai perjalanan indah Rania? Jawabannya ya dan tidak.

Sejak momen tersebut, kita akan disuguhkan dengan cerita kehidupan keluarga yang biasa saja. Rania hidup bersama keluarganya –ibu dan kakak-kakaknya– serta kehadiran Ilham yang sudah dipastikan memiliki “harapan” untuk bisa bersama Rania. Meskipun begitu, perjalanan Rania tidak berhenti. Kini, ia mengajar di sebuah sekolah dimana murid-muridnya merupakan ibu-ibu yang buta huruf yang merupakan proyek dari Ilham. Namun, jangan lupakan Hyun Geun!

Hyun Geun diperankan oleh Morgan Oey yang secara fisik memiliki kemiripan dengan orang-orang Asia Timur. Pemilihan aktor untuk peran Hyun Geun oleh Morgan dirasakan tepat. Ia mampu memerankan seorang pria korea dengan sangat baik, meski ada banyak dialog Morgan yang “kelepasan”, seperti ketika Rania harus pergi ke Korea dan tinggal bersama penduduk yang ternyata bersuamikan orang Bandung. Perbedaan cara bicara antara Hyun Geun dengan Lim Kyung Ae begitu jauh berbeda meski mereka berdua mampu berbahasa Indonesia.

Tak lupa, peran Agus Ringgo difilm ini mampu membangkitkan sisi komedi dalam cerita sehingga film ini tidak terkesan drama romansa yang padat. Kehadirannya mampu mencairkan suasana ketika cerita dalam film ini mulai terasa flat. Sayangnya pesan sponsor iklan yang terjadi beberapa kali agak mengganggu jalan cerita filmnya.

Berbicara tentang nuansa islami, kita akan dikejutkan oleh sosok Hyun Geun yang sebenarnya. Ia berkali-kali mengirimkan email dan juga foto yang menunjukkan tulisan permintaan maaf karena membuat Rania terlambat pulang sehingga ia tidak berada di samping ayahnya di saat terakhir. Sebenarnya sudah ada clue bahwa Hyun Geun ini berasal dari keluarga muslim Korea. Hal ini terlihat dengan foto yang memperlihatkan bagaimana ia berbusana dengan memakai atribut khas muslim di Indonesia, seperti sarung dan baju koko. Namun, kita lebih terfokus kepada tulisan permintaan maaf yang ia tunjukkan. Dan ketika Rania berniat mengunjungi Alvin di kampusnya untuk  berbicara pada Hyun Geun agar berhenti mengirim email kepadanya, semua terungkap ketika Alvin mengatakan bahwa Hyun Geun merupakan seorang muslim. Rania terkejut ketika ia melihat foto Hyun Geun yang berdoa dihadapan mendiang ibunya dengan cara yang sama seperti orang islam.

“Kamu baru tau? Bukannya dia pernah ngirim foto yang pake kopiah dan sarung itu?” Dialog Alvin pun akan terasa mengejek anda katika anda juga gagal mengetahui bahwa Hyun Geun adalah seorang muslim.

Film yang disutradai oleh Guntur Soeharjanto adalah debut keduanya bekerjasama dengan penulis Asma Nadia setelah film pertamanya sukses di pasaran yaitu film Assalamualaikum Beijing.  Pesan di Film Jilbab Traveler Love Sparks in Korea ini kurang lebih mengingatkan bagi kaum muslimah. Berjilbab bukanlah suatu rintangan untuk menjelajahi dunia.

Film ini mengisahkan kisah cinta lewat kekuatan bahasa tubuh tanpa sentuhan dan tanpa tampilan vulgar. Dengan durasi sekitar 110 menit, film ini menyuguhkan cerita secara lengkap dari awal hingga akhir.

Daftar Pemeran Film Jilbab Traveler :

Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Nidji, Ringgo Agus Rahman. Dewi Yul, Indra Bekti, Wawan Wanisar, Tasya Nur Medina

Untuk bagian ending, saya sarankan untuk menyaksikan filmnya sendiri. Karena meski alurnya lambat, anda akan disuguhi cerita dan grafis yang mengalir dengan baik.